Sabtu, 24 Agustus 2019 | 11:47 WIB

TANGGAPAN KEJADIAN GEMPA BUMI TANGGAL 13 JULI 2019

  • Berita
  • Sabtu, 13 Juli 2019 | 10:01 WIB
  • Reporter
TANGGAPAN KEJADIAN GEMPA BUMI TANGGAL 13 JULI 2019

*TANGGAPAN KEJADIAN GEMPA BUMI*
*TANGGAL 13 JULI 2019*
*DI TENGGARA SUMBAWA, NTB*

Bersama ini, kami sampaikan laporan tanggapan terjadinya gempa bumi di Tenggara Sumbawa, NTB berdasarkan informasi yang diperoleh dari BMKG, Jakarta dan analisis Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, sebagai berikut:

*1. Informasi Gempa Bumi*
Gempa bumi terjadi pada hari Sabtu, tanggal 13 Juli 2019. Berdasarkan informasi dari BMKG gempa bumi terjadi pada pukul 00:01:54 WIB, pusat gempa bumi berada pada koordinat 8,97°LS dan 117,83°BT dengan magnitudo 5,5 pada kedalaman 10 km, berada pada 70 km Tenggara, Sumbawa Provinsi Nusa Tenggara Barat. Menurut GFZ-Postdam Jerman, gempa bumi berpusat pada koordinat 9,10°LS dan 117,85°BT dengan magnitudo 5,1 Mw pada kedalaman 10 Km.

*2. Kondisi geologi daerah terkena gempa bumi*
Pusat gempa bumi berada di Tenggara Sumbawa, yang merupakan daerah paling dekat dengan pusat gempa bumi tersusun dari batuan vulkanik dan batugamping berumur Tersier. Batuan berumur Tersier yang belum terdeformasi dan belum lapuk pada umumnya bersifat keras, kuat dan kompak.

*3. Penyebab gempa bumi*
Berdasarkan mekanisme fokalnya yang bermekanisme reverse, diperkirakan gempa bumi ini berasosiasi dengan pertemuan lempeng Eurasia dengan lempeng indo-Australia.

*4. Dampak gempa bumi*
Getaran gempa bumi dirasakan cukup kuat di Bima, Lombok Barat, Lombok Tengah dan Lombok Timur dengan skala IV MMI ( _Modified Mercalli Intensity_). Gempa bumi ini dirasakan sebesar II-III MMI di Pos Pengamatan G. Rinjani dan II MMI di Pos Pengamatan G. Agung Rendang. Hingga tanggapan ini dibuat, belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan yang diakibatkan oleh gempa bumi tersebut.
Gempa bumi ini tidak menimbulkan tsunami karena tidak menimbulkan dislokasi dasar laut.

*5. Rekomendasi*
(1) Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang, mengikuti arahan dan informasi dari pemerintah daerah dan BPPD setempat, serta tidak terpancing isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami.
(2) Masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian gempa susulan.

*Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi*
*Badan Geologi - KESDM*