Selasa, 25 Juni 2019 | 02:17 WIB

PERINGATAN HARI AIR SEDUNIA

  • Berita
  • Kamis, 21 Maret 2019 | 15:06 WIB
  • Reporter Administrator
PERINGATAN HARI AIR SEDUNIA

Tema 2019.”Leaving No One Behind”

[Humas Pusat Litbang Sumber Daya Air, di Car Free Day Dago, 24 Maret 2019]

LATAR BELAKANG Tanggal 22 Maret setiap tahun adalah Hari Air Sedunia yang dirayakan secara global internasional. Hari tersebut adalah hari dalam rangka fokus perhatian pada pentingnya air tawar dan advokasi untuk pengelolaan sumber daya air tawar yang berkelanjutan.

Hari Air Sedunia secara resmi ditetapkan pada 22 Maret tahun 1993 oleh Majelis Umum PBB. Tema tahun 2019 adalah 'Tidak Meninggalkan Seorangpun di Belakang'. Maka pada tanggal 22 Maret 2019 PBB tetap mendorong seluruh negara di dunia merayakan hari lingkungan untuk penyelamatan air tawar untuk kehidupan semua makhluk di dunia.

Tidak terkecuali Indonesia, di kota Bandung dan di kota-kota lainnya, oleh seluruh elemen pemangku kepentingan, baik pemerintah, akademisi, dunia usaha, kelompok masyarakat, dan media, semua merayakan Hari Air Sedunia ini. Seperti hari ini, kita semua merayakannya di arena Car Free Day. Hari Air Sedunia mencoba untuk mengingatkan kepada kita semua tentang pentingnya air tawar dan untuk mempromosikan keberlanjutan pengelolaan sumber daya air bersih. Hari ini adalah spesial untuk merayakan air. Hari ini kita mempersiapkan cara mengelola air di masa depan.

Kita adalah semua, dan sesuai tema Hari Air Sedunia 2019 adalah: 'Tidak Meninggalkan Seorangpun di Belakang'. Kita bersama-sama, bersinergi, bergotong royong menyelamatkan air, karena air adalah unsur utama dalam kehidupan umat manusia. Air adalah kehidupan, gotong royong bersama menyelamatkan air dengan falsafah kemandirian air, ketahanan air, kedaulatan air, dari kita, oleh kita, untuk kita semua, Ketika Agenda 2030 diadopsi pada tahun 2015 oleh PBB, semua negara dan pemangku kepentingan menetapkan agenda ambisius yang membayangkan dunia yang bebas dari kemiskinan, kelaparan, dan penyakit.

Dunia tempat semua kehidupan ini harus tetap bisa berkembang damai, sejahtera, makmur, dengan lingkungan yang lestari, dan tidak ada yang seorang pun yang tertinggal. Pada saat menghadapi tantangan global yang sangat besar, yaitu kemiskinan, ketidaksetaraan, bencana alam, krisis kemanusiaan, maka tema Hari Air Sedunia tahun 2019 sangat tepat, yaitu membahas jangan sampai seorangpun ditinggalkan, dengan agenda akses terhadap air dan sanitasi serta pengelolaan air yang berkelanjutan dapat menjadi pendorong perubahan untuk kebersamaan hidup di dunia dengan damai, sejahtera masyarakat, makmur wilayah, dan lestari lingkungannya.

Air untuk semua menyiratkan bahwa air juga untuk orang lanjut usia, orang yang terpinggirkan dan miskin, untuk mendapatkan akses ke air minum bersih dan sanitasi yang layak, sebagaimanadimaksud dengan cita-cita universal, hidup damai di bumi, sejahtera, dengan lingkungan yang lestari. ACARA Pusat Litbang Sumber Daya Air yang merupakan lembaga litbang Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, merupakan lembaga litbang yang mempunyai tugas dan fungsi dalam penyelematan dan pengelolaan sumber air, bermaksud aktif merayakan Hari Air Sedunia 2019 pada:

Hari/Tanggal : Minggu, 24 Maret 2019

Pukul : 06.00 – Selesai

Tempat : Halaman Roger's Cafe & Lounge, Ir. H. Djuanda No. 97, Dago - Bandung Pusat Litbang

Sumber Daya Air mengajak seluruh elemen yang hadir di acara Car Free Day 24 Maret 2019 utk aktif bersama merayakan Hari Air Sedunia ini. Adapun acaranya adalah sebagai berikut: